Jumat, 21 Oktober 2011

Cheddar Cheese Cake

By. Elly (Aljos Mom)

Bahan A
130 gr Susu Cair (UHT / Fresh)
125 gr Cheddar Cheese (diparut)
40 gr Unsalted butter

Bahan B
20 gr Tepung terigu protein sedang
15 gr Tepung maizena

Bahan C
2 kuning telur
1 sdt air jeruk lemon

Bahan D
3 Putih telur +/- 90 gr
80 gr Gula pasir
¼ sdt cream of tar-tar (saya gak pake)

Bahan E (Garnish)
1 sdm Selai apricot
1 sdm Air matang

Cara membuat :
1. Campur bahan A yaitu mentega, susu cair dan keju cheddar yang sudah diparut ke dalam panci kecil, panaskan diatas api kecil sambil diaduk-aduk hingga semua bahan meleleh dan menyatu (jangan sampai gosong). Jika perlu matikan api sementara krim diaduk-aduk.
2. Turunkan panci masukan bahan B, tepung terigu dan maizena sambil diayak
3. Masukan bahan C , kuning telur dan air jeruk dan pastikan semua bahan menyatu
4. Siapkan Loyang 18 cm olesi dengan mentega, lapisi dengan kertas roti, olesi lagi dengan mentega hingga rata. Lapisi bagian luar dengan alumunium foil pastikan Loyang kedap air (double 2 x dengan alumunium foil agar meyakinkan). Panggang dengan cara Au Bain Marie. Siapkan Loyang untuk air rendaman isi dengan air sampai ¼ nya (lebih baik panaskan air diluar setelah mendidih tuangkan kedalam Loyang rendaman). saat memanggang ketinggian air tidak boleh lebih dari 1/3 tinggi Loyang adonan
5. Kocok Bahan D, putih telor, gula pasir & cream of tar-tar hingga soft peak. Masukan kocokan ini ke adonan (di point 3). Aduk hingga rata benar. Tuang ke dalam Loyang.
6. Panggang selama 50 menit. test dengan tusuk gigi jikalau masih kurang matang bisa ditambahkan 5-10 menit lagi. Saat matang permukaan cheese cake tetap kuning tidak coklat dan ada semu keemasan

7. Kalau cara saya setelah matang cake biarkan dulu bentar diloyang biar pinggirannya agak nyusut jadi pinggirannya gak nempel di loyang tapi bentar aja yaa trus balik cake diatas piring yang dialasi serbet kering (tapi harus pelaaan yaa karna cake ini lembut banget, gampang ancur) setelah itu balik lagi cake dialas yang diinginkan.

8. Finishing, olesi selai apricot yang telah dihangatkan dengan air matang diatas kompor. Hias dengan buah-buahan sesuai selera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar